Senin, 08 Agustus 2011

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DI MADRASAH
OLEH : SIROJUL HUDA


I. PENGERTIAN TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
- Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
- Teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu kelainnya.

Karena itu, penguasaan TIK berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat TIK secara umum termasuk komputer (Computer literate) dan memahami informasi (Information literate).

UNESCO (2004) mendefenisikan bahwa TIK adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Defenisi umum TIK adalah komputer, internet, telepon, televisi, radio, dan peralatan audiovisual.

Tujuan mempelajari TIK

- Agar kita memahami seluruh peralatan yang digunakan, termasuk komputer (computer literate) dan juga memahami informasi (information literate). Artinya, kita mengenal istilah-istilah yang digunakan pada TIK terutama pada komputer.
- Mampu menyadari keunggulan serta keterbatasan komputer serta dapat menggunakan komputer secara optimal.
- Mampu memahami bagaimana dan di mana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengolah informasi serta bagaimana cara menyampaikannya.


II. TIK SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN BESERTA CONTOHNYA


Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software. Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan.
Sebelum menjelaskan beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, sebaiknya kita memahami sejarah atau /fase perkembangan TIK itu sendiri.
Sejarah pemanfaatan TIK dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan perangkat keras TIK, khususnya komputer. Teemu Leinonen (2005) membagi perkembangan tersebut kedalam 5 fase sebagaimana dilustrasikan pada gambar berikut:

Fase Perkembangan TIK


Fase pertama (akhir 1970an – awal 1980an) adalah fase programming, drill and practice.

Fase ini ditandai dengan penggunaan perangkat lunak komputer yang menyajikan latihan latihan praktis dan singkat, khususnya untuk mata pelajaran matematika dan bahasa.

Latihan-latihan ini hanya dapat menstimulasi memori jangka pendek. Fase kedua (akhir 1980an – awal 1990an) adalah fase computer based training (CBT) with multimedia (latihan berbasis komputer dengan multimedia).
Fase ini adalah era keemasan CD-ROM dan komputer multimedia. Penggunaan CD-ROM dan komputer multimedia ini diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran, karena kemampuannya menyajikan kombinasi teks, gambar, animasi, dan video.

Pembelajaran berbasis komputer / computer based learning (CBL) dan computer assited instruction (CAI) adalah penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan maupun mengetes kemajuan belajar siswa. CBL dapat sebagai tutor yang dapat membantu bahkan menggantikan guru di dalam kelas. CBL juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya. Dapat berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan. (15)
Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan :
a. Praktek dan latihan (drill & practice)
b. Tutorial
c. Permainan (games)
d. Simulasi (simulation)
e. Penemuan (discovery)
f. Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Tujuan pembelajaran menggunakan komputer :
a. Kognitif : Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.
b. Psikomotor : Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
c. Afektif : Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.


Fase ketiga (awal 1990an) adalah fase Internet-based training (IBT) (latihan berbasis internet. Pada fase ini, internet digunakan sebagai media pembelajaran. Hanya saja, pada saat itu, masih terbatas pada penyajian teks dan gambar. Penggunaan animasi, video dan audio masih sebatas ujicoba, sehingga dirasakan pemanfaatannya belum maksimal untukdapat menfasilitasi pembelajaran.

Fase keempat (akhir 1990an – awal 2000an) adalah fase e-learning yang merupakan fase kematangan pembelajaran berbasis internet. Sejak itu situs web yang menawarkan e-learning semakin bertambah, baik berupa tawaran kursus dalam bentuk e-learning maupun paket LMS (learning management system).
Bahkan saat ini sudah cukup banyak paket seperti itu ditawarkan secara gratis dalam bentuk open source. Konsep pedagogik yang mendasari adalah bahwa pembelajaran membutuhkan interaksi sosial antara siswa dan siswa dan antara siswa dan guru. Dengan perangkat lunak LMS, siswa dapat bertanya kepada temannya atau kepada guru apabila dia tidak memahami materi yang telah dibacanya.

Fase kelima (akhir 2000) adalah fase social software + free and open content. Fase ini ditandai dengan banyaknya bermunculan perangkat lunak pembelajaran dan konten pembelajaran gratis yang mudah diakses baik oleh guru maupun siswa, yang selanjutnya dapat diedit dan dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan.

Konsep pedagogik yang mendasari fase ini adalah teori kontstruktivis sosial. Dalam konteks ini, pembelajaran melalui komputer terjadi tidak hanya menerima materi dari internet saja misalnya, tapi dimungkinkan dengan membagi gagasan dan pendapat.

Jadi dari fase tersebut dapat diambil kesimpulan, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran pada umumnya untuk:

1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint.

2. Multimedia Interaktif
Multimedia Interaktif biasanya digunakan untuk interaktivitas siswa dengan sistem. Sehingga dengan cara ini siswa bisa merasakan sendiri untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut. Software yang paling banyak digunakan untuk ini adalah Macromedia/Adobe Flash.
3. Kelas Virtual

Maksud kelas virtual di sini adalah siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle. Pada kelas maya ini siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online. Kita sebagai guru memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa. Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis.

E-learning MAN : http://man9-jkt.sch.id/elearning/













III. HARDWARE DAN SOFTWARE TIK

Defenisi umum TIK adalah komputer, internet, telepon, televisi, radio, dan peralatan audiovisual.
Perangkat Hardware TIK khususnya komputer terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. Perangkat Keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Macam-macam perangkat keras (hardware):
1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

6. CD/DVD ROM/RW DRIVE
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.
Compact Disc (CD) adalah disket optik berdiameter 4.75 inchi yang digunakan sebagai media untuk menyimpan informasi dalam jumlah yang cukup besar (+ 600 MB), yang dapat diakses dan dibaca di monitor.
CD dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti: teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video.

7. Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
8. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
9. USB Flashdisks
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128Mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
Sedangkan Software / perangkat lunak, adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.

Beberapa Perangkat Lunak/Fasilitas TIK dapat digunakan untuk tujuan Media Pembelajaran dan Sistem Informasi. Berikut penjelasannya :
1. Dengan Tujuan Sebagai Media Pembelajaran
a. CD-INTERAKTIF
Kontennya juga cukup bervariasi dari berbagai bidang ilmu. Penyajian materi pada umumnya lebih interaktif. Pustekom Jakarta telah banyak memproduksi CD pembelajaran dan didistribusikan ke sekolah-sekolah.
Beberapa contoh CD dengan materi interaktif :



b. Internet
Internet adalah jaringan internasional yang mengkoneksikan ribuan bahkan jutaankomputer dengan muatan isi yang beragam, seperti pendidikan, pemerintahan, bisnis, budaya, dan teknologi. Jaringan internet ini memungkinkan individu berinteraksi dan berkomunikasi dengan yang lainnya melalui komputer dari berbagai belahan dunia dengan biaya yang cukup terjangkau. Beberapa fasilitas dan aktivitas internet yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran adalah email, forum diskusi, web browsing, dan chatroom.
Email adalah fasilitas internet yang digunakan untuk berkorespondensi, mengirim
dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Dengan fasilitas ini, guru dapat
mengirim tugas kepada siswa, dan sebaliknya siswa dan menyetor tugasnya. Bahkan pada tingkat perguruan tinggi, mahasiswa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengkonsultasikan tugas akhirnya dan koreksi dapat secara langsung dilakukan oleh dosen pada naskah tugas akhir yang dikirim oleh mahasiswanya.
Guru atau siswa dapat pula menggunakan fasilitas ini untuk mengikuti milis (mailing list) sesuai bidang yang diminati, misalnya budaya, teknologi informasi,
dan sains.

Web browsing adalah kegiatan penelusuran sumber informasi yang dibutuhkan.
Perlu diketahui bahwa saat ini sumber informasi yang terkaya dan terkini adalah
internet. Beberapa bentuk sumber informasi yang dapat diperoleh antara lain adalah buku elektronik (e-book), jurnal, majalah, surat kabar, artikel, materi pembelajaran siap pakai, rencana pembelajaran, gambar, suara, video, dan laporan hasil penelitian. Dengan kata lain, internet dapat dianggap sebagai perpustakaan elektronik (e-library). Oleh sebab itu, kehadiran internet ini seyogyanya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh guru untuk memperkaya sumber bahan ajarnya. Ada dua cara yang umum orang lakukan dalam menelusur informasi di internet, yakni memasukkan alamat situs pada address bar atau memasukkan kata kunci pada bagian pencarian search engine. Berikut ini adalah beberapa alamat situs search engine dan situs web tertentu.•www.yahoo.com; •www.google.co.id;

c. Sistem Manajemen Pembelajaran
Sistem manajemen pembelajaran yang dikenal dengan istilah learning management System (LMS) merupakan perangkat lunak dalam bentuk portal pembelajaran. Pada umumnya LMS menyediakan ruang bagi guru untuk menyimpan materi (upload) berikut tugas yang diberikan kepada siswa. Di lain pihak, LMS ini juga menyediakan ruang kepada siswa untuk mengerjakan ataumenyetor tugas. Pada umumnya, LMS membutuhkan pengguna untuk login
sesuai dengan kapasitasnya, admin, guru, siswa, atau tamu. Beberapa LMS menyediakan fasilitas untuk aktivitas chat, forum diskusi, pemberian nilai, dan jurnal. LMS ditawarkan dalam bentuk open source (sumber bebas terbuka) yang
biasanya diperoleh dengan gratis dan non-open source (sumber non bebas terbuka) yang biasanya harus dibeli. Moodle adalah salah satu contoh LMS open
source dan Web-CT adalah salah satu contoh LMS non-open source.

Daftar lengkap LMS dan portalnya (open source) :
* ATutor (http://www.atutor.ca)
* Dokeos (http://www.dokeos.com)
* dotLRN (http://dotlrn.org)
* Freestyle Learning (http://www.freestyle-learning.de)
* ILIAS (http://www.ilias.uni-koeln.de)
* LON-CAPA (http://www.lon-capa.org)
* Moodle (http://moodle.org)
* OpenACS (http://openacs.org)
* OpenUSS (http://openuss.sourceforge.net/openuss)
* Sakai (http://www.sakaiproject.org)
* Spaghetti Learning (http://www.spaghettilearning.com/)

d. Authoring Program/Template Pengembangan Bahan Ajar
Authoring Program adalah template yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar. Program ini dapat dalam bentuk freeware (perangkat gratis) atau paket yang harus dibeli. Keuntungannya adalah guru dapat mengembangkan materinya sendiri sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Ada beberapa freeware yang dapat di-download dari internet, di antaranya Hot Potatoes.

Program Hot Potatoes cocok digunakan untuk pelajaran bahasa. Program ini memiliki enam alat pengembang materi yang memungkinkan kita membuat latihan-latihan interaktif berbasis web. Keenam alat tersebut adalah JBC (alat membuat latihan pilihan ganda yangdapat disertai dengan teks bacaan), Jquiz (alat membuat latihan kuis yang membutuhkan siswa menuliskan jawaban), Jmix (alat membuat latihan jumble sentence), Jcross (alat membuat latihan teka-teki silang), JMatch (alat membuat latihan mamadankan/menjodohkan), Jcloze (alat
membuat latihan cloze di mana siswa mengisikan kata pada tempat yang disediakan). Latihan-latihan tersebut menggunakan JavaScript untuk membuatnya interaktif, dan dapat dijalankan pada Netscape Navigator dan Internet Explorer versi 4 ke atas baik melalui sistem operasi Windows maupun Macintosh. Meskipun menggunakan JavaScript, pengguna tidak perlu mengetahui JavaScript untuk menggunakan program tersebut. Yang dibutuhkan adalah pengguna memasukkan data dalam bentuk teks, pertanyaan, jawaban, dan sebagainya, selanjutnya program tersebut akan memprosesnya dalam bentuk laman web. Kalau pengguna memiliki situs web, maka latihan-latihan tadi dapat dimasukkan ke situs web tersebut.


2. Dengan Tujuan Sebagai Sistem Informasi

Yang menjadi fokus perhatian pada bagian ini adalah program aplikasi sistem informasi sekolah yang dapat digunakan untuk menunjang pelaksanaan manajemen sekolah yang efektif dan efesien. Program-program aplikasi semacam ini telah banyak dikembangkan baik oleh persusahaan swasta yang bergerak dalam bidang teknologi informasi, lembaga pemerintah, maupun individu. Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan sebuah perangkat lunak yang diberi nama Paket Aplikasi Sekolah (PAS) yang dilengkapi dengan Buku Petunjuk Operasiona Singkat, yang dimaksudkan untuk membantu administrasi sekolah. Perangkat lunak semacam ini biasanya terdiri atas beberapa modul aplikasi, yang bervariasi berdasarkan kebutuhan sekolah, seperti Modul Penerimaan Siswa Baru (PSB), Pasca PSB, Administrasi Kepegawaian, Kesiswaan, Akademik, Administrasi Akademik, dan Keuangan.











IV. TEKNIK PENGEMBANGAN TIK SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

Dalam teknik pengembangan TIK sebagai media dan sumber pembelajaran, salah satunya adalah menguasai software presentasi menggunakan office Powerpoint 2007 dan mengembangkan pembelajaran e-learning menggunakan Blog (blogger.)

1. MICROSOFT POWERPOINT 2007

Bila Anda membuka PowerPoint 2007, Anda akan melihat bahwa terlihat cukup berbeda dari PowerPoint 2000 dan PowerPoint 2003. Tombol yang sama semua ada di sana, tetapi mereka diatur sangat berbeda dan fitur baru telah ditambahkan.
Tutorial ini menggunakan PowerPoint 2007 dan anda dapat menggunakannya sebagai panduan referensi dalam membuat presentasi maupun media pembelajaran.

A. Membuka PowerPoint Menggunakan Start Menu
1. Hidupkan komputer dan log on Windows anda
2. Klik Start : All Programs : Microsoft Office : Microsoft Office PowerPoint 2007


A. PENGERTIAN BLOG
Banyak sekali pengertian yang dapat menjelaskan tentang blog. Seperti pengertian blog yang diambil dari wikipedia.org yaitu “Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut”.
Blog adalah kependekan dari weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinue dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Kemudian ada juga yang mengartikan ” Blog atau weblog ” ini adalah catatan pribadi seseorang di internet. Berisi informasi yang sering diupdate dan kronologis. Blog lebih identik dengan sebuah diary. Perbedaan mendasar adalah bahwa blog bisa dibaca siapa aja. Banyak blog yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, pendidikan, olah raga dll. Tetapi pada umumnya blog itu lebih seperti jurnal pribadi yang berisi informasi perjalaanan dan kehidupan sehari-hari seseorang blogger dan pemikirannya.
Jadi menurut penulis ”Blog atau weblog ” ini adalah suatu aplikasi, software atau perangkat lunak berbasis web yang dibuat seseorang (bloger atau pengguna blog) secara sengaja dengan tujuan dan alasan tertentu. Aplikasi ini biasanya berbentuk web yang berisi tulisan-tulisan informasi atau sering disebut sebagai postingan, namun ada juga dalam bentuk gambar. Blog ini biasanya memuat informasi seputar dunia politik, olah raga, hobby, gaya dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan catatan pribadi seseorang atau jurnal pribadi yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari seseorang bloger (pengguna blog) dimuat dalm blog tersebut.

B. JENIS-JENIS BLOG
Banyaknya tulisan yang dibuat oleh para pengguna blog, hal ini menyebabkan mereka membuat kelompok-kelompok jenis blog. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis blog yang biasa dibuat oleh para pengguna blog.
1. Blog Politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye).
2. Blog Pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
3. Blog Bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
4. Blog Kesehatan: lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan tentang kesehatan, dll.
5. Blog Sastra: lebih dikenal sebagai litblog atau Literary blog.
6. Blog Perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
7. Blog Riset: Persoalan tentang akademis seperti riset terbaru.
8. Blog Hukum: persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
9. Blog Media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
10. Blog Agama: Membahas tentang agama.
11. Blog Pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
12. Blog Kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
13. Blog Petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
14. Blog Bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
15. Blog Pengejawentahan: Fokus tentang objek diluar manusia seperti anjing.
16. Blog Pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (spam blog).

C. MANFAAT BLOG
Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari blog. Terdapat 2 kategori manfaat membuat blog yaitu:
1. Beberapa manfaat bagi pengguna blog (blogger) yang bisa diperoleh adalah sebagai berikut.
a. Meningkatkan kemampuan menulis, baik itu dari segi disiplin menulis bahkan sampai pada mutu tulisan.
b. Lebih kreatif, ekspresif, inspiratif, motivatif.
c. Menambah berbagai wawasan dan dapat merangsang otak.
d. Menjalin dan memperbanyak teman.
e. Mendapatkan banyak masukan dan pelajaran dari feedback para pembaca blog yang anda buat.
f. Dapat berekspresi sebebas mungkin, tanpa hambatan untuk menuangkan ide ataupun gagasan.
g. Dapat mempromosikan diri karena dengan blog bisa membuat seseorang yang bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang bisa dikenal oleh siapa saja.
2. Selain bermanfaat bagi pengguna (blogger), membuat blog juga mempunyai manfaat bagi pembaca blog tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Mendapatkan banyak informasi dari blog.
b. Terlatih untuk berdiskusi dan berkomentar dari artikel atau tulisan yang ada di dalam blog.
c. Menjalin persahabatan antar sesama pembaca blog dan pemilik blog tersebut.
d. Mendapatkan informasi lebih efektif dan efisien karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
e. Sebagai sumber referensi untuk memperkuat argumen atau gagasan yang akan digunakan.
Dan masih banyak lagi manfaat lainya yang dapat fiperoleh oleh pembaca blog tersebut.

D. ETIKA BLOG
Blog memanglah dunia bebas dan tanpa batas untuk menyampaikan ide, gagasan, pendapat, opini dan masih banyak lagi yang lainnya. Blog adalah sebuah media kebebasan yang diakui oleh banyak orang. Menurut Rebecca Blood (dalam Kurniawan R), the weblog’s greatest strength – its uncensored, unmediated, uncontrolled voice – is also its greatest weakness. Kekuatan utama blog yang bisa mengungkapkan apapun sebebas-bebasnya, sekaligus merupakan titik terlemahnya.
Menurut Rebecca Blood (dalam Kurniawan R), mengusulkan beberapa etika blog. Apa yang ditulis Blood bukan kode etik namun sebuah etika yang disepakati oleh angotanya secara tertulis dengan kekuatan internal untuk memberikan sanksi bagi yang melanggar. Ini hanyalah etika blog, sebuah tindakan positif yang dipraktikkan banyak pengguna blog di Amerika Serikat. Namun banyak juga para pengguna blog Indonesia yang menerapkan etika-etika blog tersebut. Adapun etika-etika blog tersebut adalah sebagai berikut:
1. Tulislah Fakta.
2. Hargai Sumber Tulisan.
3. Koreksi Tulisan.
4. Tidak Menghapus Tulisan.
5. Tidak Mengganti Alamat Postingan.
6. Keterbukaan Terhadap Konflik Kepentingan.
7. Tidak Menghapus Komentar.
8. Tahu Batas Pribadi Dan Publik.
9. Tidak Copy Paste.
10. Menampilkan Identitas.

Proses registrasi blog sangatlah mudah dengan syarat anda paling tidak harus sudah memiliki e-mail untuk verifikasi.
E. TUTORIAL MEMBUAT EMAIL DI GMAIL
PROSES PENDAFTARAN Gmail
1. Buka web browser, kemudian buka alamat situs: www.google.co.id, sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

2. Klik menu Gmail, sehingga muncul tampilan berikut :

3. Lakukan proses pendaftaran dengan cara : klik Buat Akun.
4. Isi data diri dan nama email yang akan dibuat, seperti tampilan berikut ini.

5. Kemudian membuat password yang akan digunakan untuk membuka email.
6. Membuat pertanyaan rahasia dan membuat jawabannya.

7. Mengisi kode keamanan dan klik : Saya menerima Buat Akunku.
8. Jika proses berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut..

9. Kemudian klik Tunjukkan akun saya, sehingga tampil halaman Gmail seperti berikut ini.


F. MEMBUKA AKUN Gmail
Jika proses pendaftaran berhasil, maka secara otomatis prosedur pendaftaran akan menuntun ke akun yang dimiliki. Adapun langkah-langkah membuka akun gmail adalah sebagi berikut :
1. Buka web browser, kemudian buka alamat situs : mail.google.com.
2. Isikan Nama pengguna (alamat email) dan sandi (password)  klik tombol Masuk.


3. Bila proses login berhasil, maka akan muncul tampilan Akun GMail seperti berikut ini.


G. TUTORIAL MEMBUAT BLOG
Layanan penyedia blog gratis:
1. Blogger.com (www.blogger.com)
2. Wordpress(www.wordpress.com)
3. Multiply (www.multiply.com)
4. Blogsome(www.blogsome.com)
Berikut ini contoh registrasi pada blogger :
1. Buka browser ( i.explorer, mozilla, netscape atau opera )
2. Ketikkan www.blogger.com
3. Tunggu hingga muncul gambar :




4. Klik Get Started ( jika belum memiliki akun google/gmail)
5. Tunggu hingga muncul tampilan form pendaftaran akun google



6. Isilah semua field termasuk email yang masih aktif
7. Klik Continue








8. Klik Ciptakan Blog Anda
9. Ketik Judul Blog dan Alamat Blog
10. Klik Continue



11. Pada halaman pilih template awal, klik salah satu template
12. Klik Continue




13. Selamat !!! Anda telah sukses memiliki blog pribadi. Untuk kepentingan login selanjutnya cobalah anda untuk selalu mengingat alamat blog anda (............blogspot.com), email untuk login dan password.
14. Langkah selanjutnya dapat dimulai dengan membuat posting (berita ) terbaru.


H. Mengisi berita (posting)

Setelah memiliki blog, langkah berikutnya adalah mengisi berita sesuai dengan keinginan anda.
1. Klik Posting
2. Klik Entri Baru
3. Tunggu hingga muncul tampilan, seperti gambar di bawah ini :



4. Ketik Judul dan naskah/teks posting berita anda.
5. Klik Terbitkan Entri untuk mempublikasikannya



6. Klik icon kotak disebelah tulisan Lihat Entri
7. Maka Blog dan postingan anda akan muncul di tab/jendela browser baru






I. Menyisipkan gambar pada berita anda

Pada posting berita yang sebelumnya dapat sisipkan gambar (image) dengan cara :
1. Klik Posting
2. Klik Edit Entri
3. Klik Edit



4. Klik Icon insert image



5. Klik Upload
6. Klik Pilih Berkas



7. Klik Add selected, hingga gambar muncul di posting anda


8. Ketik kolom label yang nantinya digunakan untuk pengelompokan tema / kategori berita
9. Klik Terbitkan Entri untuk mempublikasikannya
10. Refresh atau reload Blog anda




J. Login dari awal

Apabila di kemudian hari kita akan menambah berita, maka kita harus mulai login dari awal.
1. Ketik www.blogger.com
2. Ketik E-mail dan Password.
3. Hingga muncul tampilan dasbor seperti gambar di bawah ini


5. Anda telah masuk ke halaman dasbor (dashboard) dimana anda dapat melakukan aktivitas penambahan berita (posting), editing mengatur setting dan layout.
6. Selalu klik keluar (sign out) apabila anda ingin mengakhiri aktivitas dalam blogger.





K. Menambah fitur (Gadget)

Setelah masuk dasbor :
1. Klik Rancangan



2. Elemen Laman adalah layout blog kita sekarang
3. Klik Tambah Gadget untuk menambahkan berbagai fitur tambahan (gambar di atas)
4. Misalkan, klik tanda + pada Statistik Blog



5. Klik Simpan
6. Lihat hasilnya di Blog anda, maka telah ditambahkan Hit Counter (jumlah pengunjung)

7. Coba tambahkan fitur (gadget) lainnya.

Referensi

[1]. Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003.
[2]. Suyanto, M. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : s.n., 2003.
[3]. Kartimi. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Sebagai Wahana Pendidikan Siswa SLTP . [Online] 2008. [Dikutip: 15 Agustus 2008.] http://pkab.wordpress.com/2008/04/30/pengembangan-model-belajar-interaktif-berbasis-komputer/.
[4]. Materi Sosialisasi Dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
[5]. Materi Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Manajemen : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional , 2007.

[6]. Noni, N. Penerapan TIK dalam Pendidikan.2007.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar